Kelebihan dan Kekurangan Baterai Jenis Lithium-ion (li- ion)

2 min read

Chakim Cell, Kelebihan dan Kekurangan Baterai Lithium-ion – Tahukah kamu perbedaan baterai li- ion vs li- polymer? Baterai Li-ion memang yang paling banyak digunakan, bahkan sejak jaman HP jadul sekalipun, baterai li-ion menjadi andalan penyuplai daya dan penyimpanan. Simak ulasan lebih lengkapnya tentang Kelebihan dan Kekurangan jenis baterai Lithium-ion dibawah ini hingga tuntas yuk!

Kelebihan dan Kekurangan Baterai Lithium-ion

Baterai lithium-ion sangat populer di berbagai macam elektronik rumah tangga maupun smartphone. Baterai ini umumnya di terapkan pada beberapa gadget seperti MP3 player, ponsel, PDA dan laptop. Mirip dengan teknologi lainnya, baterai lithium-ion memiliki berbagai macam kelibhan maupun kekurangan. Lalu apa saja kelabihan dan kekurangan yang ada pada Baterai lithium-ion tersebut, berikut adalah ulasannya.

Kelebihan Baterai lithium-ion

Kerapatan energi tinggi

Manfaat utama dari Baterai lithium-ion adalah memiliki kerapatan energi tinggi. Hal ini memberikan rating pada daya baterai memiliki ukuran yang relatif kecil serta memiliki ukuran yang kompak membuat banyak dipilih dan diterapkan di berbagai ponsel.

Baterai lithium-ion relatif ringan dan kecil yang membuat banyak dipilih karena praktis dalam pengaplikasiannya. Selain benda-benda kecil seperti telepon, baterai ini juga dipilih untuk mobil listrik dan kereta golf. Selain itu juga Baterai lithium-ion biasanya digunakan dalam industri dirgantara.

Rendah pemeliharaan

Baterai lithium-ion tidak memerlukan pemeliharaan yang berlebih untuk mempertahankan kinerja baterai ini. Seperti unit berbasis nikel memerlukan debit biasa untuk mempertahankan kinerja yang optimal.

Cepat pada saat pengisian daya

Baterai lithium-ion memiliki kelebihan yaitu cepat dalam pengisian daya, jangka waktu sampai terisi penuh jauh lebih sedikit daripada baterai alternatif lainnya yang ada di pasaran. Hal ini juga merupakan alasan utama mengapa baterai ini digunakan dalam ponsel dan tablet yang memerlukan pengisian dengan penggunaan rutin sehari-hari.

Low self-discharge

Sebagian besar baterai kehilangan sejumlah biaya setelah melepaskan diri dari sumber daya. Tapi, baterai lithium-ion memiliki tingkat debit yang jauh lebih rendah daripada jenis baterai lainnya. Sebagai contoh, nikel-kadmium akan kehilangan biaya pada tingkat yang jauh lebih cepat bahkan jika baterai yang tersisa tidak terpakai.

Berumur panjang

Jenis baterai lithium-ion memiliki umur panjang dan terus memberikan kinerja yang handal dalam jangka yang sangat panjang dibandingkan dengan baterai dengan jenis lainnya.

Kekurangan Baterai lithium-ion

Mahal

Proses pembuatan baterai lithium-ion cukup lama dan mahal. Rata-rata jenis baterai ini memiliki biaya hampir 40 persen lebih untuk menghasilkan baterai dengan kualitas yang baik dibandingkan dengan baterai nikel-kadmium.

Mudah bereaksi

Pada jenis baterai tersebut, terkandung bahan kimia lithium yang mudah bereaksi terhadap air atau oksigen, bahkan guncangan.

Mudah meledak

Baterai dengan jenis lithium-ion mengandung dua elektroda, yaitu katoda yang berisi ion positif dan anoda yang berisi ion negatif. Pada kondisi normal, ketika ponsel digunakan, lithium pada baterai akan bergerak dari katoda ke anoda, dan sebaliknya, ketika diisi daya, lithium akan bergerak dari anoda ke katoda. Kedua ion tersebut tidak boleh bersentuhan, atau akan memicu ledakan atau api. Pada baterai lithium-ion pada umumnya, terdapat pemisah antara dua ion tersebut dalam baterai.

Baterai jenis lithium-ion pada umumnya adalah produk yang aman, tetapi apabila penggunaannya salah maka akan berakibat fatal, penyalahgunaan tersebut bisa meliputi isi daya overcharged dan berlebihan, atau bisa juga suhu panas yang berlebihan. Ketika mengisi daya secara berlebihan atau didiamkan melebihi waktu yang sewajarnya, partikel kimia yang terdapat dalam baterai akan bergerak tak beraturan dan bahkan akan menyebabkan gelembung yang bisa memicu api atau ledakan.

Lalu bagimana menurutmu sob?

Demikian artikel dari Chakim Cell yang bisa dibagikan, tentang kelebihan dan kekurangan baterai jenis lithium-ion, dimana jenis baterai yg paling baik untuk hanphone tergantung hp itu sendiri. Baterai li-ion paling banyak digunkan karena harganya lebih murah dan selain spefikasinya juga lebih cocok untuk hp dgn harga terjangkau. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke Chakimcell.info, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar, sampai jumpa lagi di artikel hp dengan baterai li-po selanjutnya.

Apa itu Barcode? Mengenal Definisi dan Jenis-Jenis Barcode

Chakim Cell, Apa itu Barcode? – Pada saat kita berbelanja di mall maupun supermarket, membeli barang sambil membawa keranjang belanja, mengambil satu per satu...
phonetips
1 min read

Inilah 4 Fakta Unik Menarik Mengenai Xiaomi

Apakah kamu memiliki ponsel xiaomi? Produsen asal negeri Tirai Bambu tersebut memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan produsen ponsel lainnya yaitu memiliki harga yang miring...
phonetips
2 min read

Bermain Medsos Terlalu Lama dapat Memicu Terjadinya Depresi

Chakim Cell, Bermain Medsos Terlalu Lama dapat Memicu Terjadinya Depresi –Anda pecinta media sosial? Hmmm.. pasti jawaban dari anda “Ya, saya mempunyai akun medsos”....
phonetips
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *